International Java Jazz 2016

Tanggal Acara: 
Friday, March 4, 2016
Lokasi: 
JIExpo Kemayoran, Jakarta
Anak berfoto di instalasi yang dibuat MLD
Booth Djarum MLD di Java Jazz Festival 2016
Bungkus rokok yang di jual saat event Java Jazz Festival 2016
Gimmick atau Hadiah bagi pengunjung
Gimmick atau hadiah kepada pengunjung
Hasil upload an setelah mengikuti kuis
IG #MLDjavajazz
Iklan MLD Jazz (Java Jazz) di website bioskop
Jazz Bus Djarum MLD
Jazz Bus Djarum MLD
Miniatur Bangunan Djarum MLD
MLD Jazz Project at The commen NettV
Mural di javajazz IG
Pengunjung berfoto di bangunan yang dibuat Djarum MLD
Poster pada IG #MLDjavajazz
Promosi berbayar pada FB untuk MLD Jazz Project
Salah satu Gimmick berupa games yang disediakan oleh Djarum MLD
SPG sedang menawarkan produknya ke beberapa pengunjung
SPG sedang menawarkan produknya kepada pengunjung
SPG sedang menjajakan rokok kepada pengunjung
T-shirt hadiah Djarum MLD kepada pengunjung
T-shirt hadiah kepada pengunjung
Upload foto outomatis setelah mengikuti kuis MLD Spot
Upload ketika daftar kuis #MLDspottheBeat di MLD Spot

Setelah mengadakan 11 pre-event bertajuk Java Jazz on the Move (JJOTM) di berbagai pusat keramaian di seluruh Jakarta dan sekitarnya, perhelatan musik akbar International Java Jazz 2016 akhirnya diadakan pada 4, 5, 6 Maret 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Acara musik yang diadakan sejak 2004 ini telah menjadi salah satu acara musik tahunan yang selalu dinanti penggemar musik jazz di Indonesia bahkan dunia. Ratusan musisi tampil di acara ini, baik artis dalam dan luar negeri, dan berpotensi mendatangkan lebih dari seratus ribu pengunjung semua usia tiap tahunnya. Ratusan sponsor selalui melirik acara ini, termasuk sponsor produk rokok.

Tiba di arena JIExpo Kemayoran, tidak tampak reklame rokok dalam bentuk billboard maupun spanduk. Namun booth Djarum MLD yang cukup besar telah menyambut pengunjung di area pintu masuk, dengan beberapa SPG cantik yang siap menawarkan rokok di tangannya. Booth ini tidak hanya terletak di area pintu masuk, tapi juga di area setelah pemeriksaan tiket.

Rokok yang ditawarkan adalah Djarum MLD dan Djarum Super MLD. Keduanya dengan gimmick kotak rokok serta korek dengan desain yang kreatif dan menarik, seperti kotak rokok yang didesain sedemikian rupa agar bisa menutupi bagian PHW.

Sebagai salah satu sponsor, Djarum MLD memiliki satu panggung sendiri yang cukup besar, di dalam hall terpisah dari panggung-panggung lain. Bagian depan hall tersebut dihias gapura yang tampak menonjol berlogo Djarum MLD. Panggung tersebut berada di area denganpendingin ruangan sehingga tidak ada penonton merokok di area tersebut.

Bukan hanya panggung sendiri yang dimiliki oleh Djarun MLD pada Internasional Java Jazz tahun ini. Djarum MLD juga membuat sebuah bangunan seni instalasi yang dicat hasil karya mural atau coretan dinding yang dibuat oleh anak-anak muda termasuk tulisan Djarum MLD yang cukup besar di bangunan tersebut. Di dalamnya terdapat berbagai alat musik tradisional seperti gong, saron, dll. Bangunan seni instalasi ini sendiri diletakkan tidak jauh dari pintu masuk, sangatmenarik perhatian penonton untuk berfoto di bangunan tersebut. Banyak orangtua bersama putra-putrinya asyik berfoto di bangunan seni instalasi itu.

Selain panggung utama indoor Djarum MLD, terdapat juga satu panggung yang diberi nama "Stage Bus Jazz" dengan banner MLD Spot. Selain itu, Djarum MLD juga menyediakan beberapa booth gimmick untuk para penonton yang dinamai "MLD Spot The Beat". Di booth ini, penonton diajak bermain di game yang telah disediakan. Game tersebut berupa permainan menebak lirik-lirik lagu. Syaratnya hanya perlu melakukan registrasi menggunakan akun Twitter atau Facebook, setiap peserta yang berhasil dalam permainan mendapatkan hadiah goodie bag berisi t-shirt dan kipas dengan logo MLD.

Sementara itu, selain di booth-booth besar mereka, di pelataran gedung tampak SPG-SPG Djarum MLD yang jumlahnya sangat banyak, tak henti-hentinya menawarkan produknya kepada para penonton khususnya anak-anak muda. Diperkirakan, lebih dari 200 SPG disebar di acara ini. Mereka menggunakan seragam yang sangat menarik dan seksi dengam warna atau desain Djarum MLD. Dari informasi yang didapat, setiap SPG ditargetkan harus menjual tiga slop atau 30 bungkus rokok setiap malam, dengan harga Rp18.000 per bungkus. Total, mereka ditargetkan mendapat lebih dari 100 juta per malam.